Kueh Seupet Ciri Khas Aceh Warisan Nenek Moyang

Assalamualaikum..
Pernahkan anda melihat kue ini?
Ini adalah kue yang berasal dari daerah Aceh dengan sebutan dalam bahasa Aceh "Kueh Seupet" dalam bahasa indonesia orang sering menyebut "Kue Semprong".

Kue seupet sering kita jumpai di wilayah aceh ketika lebaran tiba selain itu juga, kue tersebut sering di lihat pada acara-acara resmi dan budaya aceh. dengan rasa manis, gurih dan renyah dimulut masyarakat menjadi cemilan sederhana tapi rasa yang luar biasa.

Membuat kueh seupet sebenarnya sangatlah muda, bahannya juga mudah ditemukan dipasar. Sampai saat ini kue seupet masih dibuat secara tradisional dengan cetakan manual. Cetakannya terbuat dari besi dengan gagang yang panjang. Bagian ujungnya memiliki dua lapisan pipih selebar 20 centimeter. Pada lapisan pipih ini terdapat motif yang telah diukir. Ketika adonan dicetak, motif ini akan melekat sehingga kue menjadi indah dengan ukiran-ukiran motif tersebut, adapun bahan dan cara pembuatannya:

Bahan Adonan
* Tepung beras 1 kilo
* 4 buah kelapa yang yang sudah diperas dan dijadikan santan secukupnya
* Gula ½ kilo
* Vanilli 4 buah
* Telur ayam 3 butir
* Garam secukupnya

Cara pembuatan
* Cetakan terlebih dahulu dipanaskan di atas api dengan panas yang tidak terlalu tinggi. Setelah cetakan panas, barulah diberi sesendok adonan lalu dijepit dengan ke dua lapisan pipih tadi. Kemudian dijerangkan kembali di atas api sekitar tiga menit. Setelah matang, dalam kondisi panas adonan diambil lalu dibentuk sesuai selera. Kalau adonan sudah dingin kue tidak bisa dibentuk lagi.

Kue Seupet yang sedang hangat-hangat cukuplah nikmat bila disajikan dengan segelas kopi

Selamat Menikmati...

0 Comments